Mana yang lebih sehat makan buah langsung atau di buat jus “suka-suka”

Liputan6.com, Jakarta Buah, seperti pisang, stroberi, dan melon biasa dimakan langsung. Alternatif lain, yang lebih praktis biasanya buah diblender dan dijadikan jus. Anda pun tinggal minum jus buah tanpa harus repot mengunyah.

Dari kedua cara makan buah tersebut, sebenarnya buah justru lebih baik dimakan langsung. Buah yang dikunyah sangat bermanfaat untuk proses penyerapan kandungan gizi di tubuh, menurut Konsultan Gastrohepatologi Anak, Frieda Handayani Kawanto ditemui dalam acara “Konferensi Pers Penutupan Program Edukasi Kebiasaan Makan Sehat Anak 2017” di Bunga Rampai Restaurant, Jakarta.

“Paling bagus itu buah dikunyah (dimakan langsung). Saat dikunyah, saliva (kelenjar air ludah) dan enzim di dalam mulut akan memecah karbohidrat pada buah. Buah akan mudah dicerna saat masuk ke saluran pencernaan,” ungkap Frieda, ditulis Rabu (20/12/2017).

Kaya serat, kebutuhan serat Anda akan tercukupi bila makan buah. Misal, orang dewasa kebutuhan serat sebesar 30 gram sehari. Hal itu setara dengan 6 apel.

Cara makan buah yang lebih baik dimakan langsung, bukan berarti kandungan buah yang dijadikan jus kurang bermanfaat bagi tubuh. Buah yang dijadikan jus, kandungan seratnya juga banyak diserap tubuh.

Namun, Anda harus memerhatikan buah saat dibuat jus. Hal ini juga berhubungan dengan alat blender atau pembuat jus (juicer) yang digunakan.

“Buah yang diblender dengan kecepatan tinggi, kadar vitamin akan berkurang. Jadi, kalau mau vitaminnya tetap tinggi, sebaiknya, pakai yang slow juicer (kecepatan rendah),” tambah Frieda.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: